Troubelshooting pada feriperal komputer

Selasa, 01 Desember 2009

Troubleshooting Peripheral
1.keyboard
Debu dan kotoran dapat masuk ke dalam keyboard melalui sela-sela tombol pada keyboard. Debu dan kotoran akan menumpuk menjadibanyak dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamanan dalam
menekan tombol atau tombol keyboard akan menjadi keras. Selaindebu dan kotoran padat, kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi.Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terjadi yang membuat keyboard macet, tombol seperti terpencet terus, dan jugadapat terjadi hubung pendek yang dapat mengakibatkan keyboard takdapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2pada motherboard rusak.
Keyboard error no present
Solusi:
1. buka colokan pada keyboard apakah letaknya tertukar dengan mouse karena port mouse ampir sama dengan mouse.
2. periksalah pin-pin pada keyboard apakah ada yg patah atau bengkok
3. cobakan keyboard yang rusak itu ke computer lain jika masih tidak bisa berarti keyboard tersebut rusak
4. mungkin pada keyboard tersebut sudah banyak debu yang melekat bersihkan lah dengan kuat atau vacuum cleaner
5. jika keyboard terkena softdrink keringkanlah denan headrayer
6. Jika keyboard tidak terdeteksi kita juag bisa memperbaiki software dgn cara:
7. Klik start - pilih control panel – pilihlah print and other hadware – Keyboard – pilih hardware – klik troubleshooting.
8. Dan ikuti prosedur yang ada!

2.Monitor

Debu pada monitor akan membuat layar buram dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidakbenar dapat menggores layar monitor. Selain pada layar, debu jugadapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkanpanas yang berlebihan pada monitor.
Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapatmengakibatkan kerusakan monitor.

Permasalahan pada monitor

• jika monitor tidak nyala pastikan kabel power telah terpasang dengan baik
• jika monitor masih tidak nyala coba periksa kabel konektornyo apakah terpasng dengan baik atau tidak
• bila tampilan layer monitor tidak nyala perikslah kabel konektor,periksalah VGA card apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak
• bila monitor warna nya terlalu terang kita dapat mengaturnya dengan brinness dan cotrass
• jika di sudut monitor ada warna ke biru-biruan berarti ada magnet di sekitar monitor jauhilah magnet tersebut karena dapat merusak monitor
jika monitor terkena softdrink dan masuk kebagian dlm monitor matikan dulu monitor karena kalau tidak di matikan monitor akan konslet,jika sudah mati bersih kan lah bagian dlm nya dengan kain lap.
3.printer
Permasalahan pada printer
1. Printer seperti biasa tapi tidak ada hasil cetaknya
Solusi: - Lakukan prosedur cleaning
2. Orinter mencetak tapi hasil cetakan makin lama makin hilang atau buram
Solusi: - Lakukan proses cleaning
- Ada kemungkinan ink cartridge sudah habis
3. Cetakan yang dihasilkan berupa karakter-karakter yang pecah-pecah/blur
Media kertas yang digunakan mempunyai kulitas yang tidak halus
Solusi: - diganti dengan kertas yang mempunyai serat halus dengan berat 60-80 gram
4. Jika pada hasil cetakan terdapat garis putih di tengah atau karakter yang dicetak tidak sempurna terdapat titik hitam disekitar yang membuat kotor hasil cetakan.
Solusi: - Lakukan prosedur cleaning atau deep cleaning
5. Printer menghasilkan cetakan berupa karakter tidak dikenal dan tidak sesuai dengan yang diinginkan
Solusi: - kemungkinan Driver printer tidak sesuai atau tidak cocok, sehingga harus disesuaikan dengan jenis printer yang spesifik
6. Printer menarik setumpuk kertas sekaligus
Solusi: - Pada saat menaruh setumpuk kertas pada auto sheet feeder pastikan tidak ada kertas yang menempel satu sama lain dan jumlah tumpukan kertas tidak lebih dari jumlah

4.Mouse
Permasalahan mouse error no present
Penyebab 1 :
Kemungkinan kabel data mouse yang berada di motherboard tidak cocok. Dari pemasangan kabel data mouse ini ada 2 jenis pemasangan kabel data pada connector mouse serial.

Solusi :
Jika kabel mouse tersebut bukan yang aslinya, coba Anda ubah setting pemasangan kabel data connector mouse tersebut. Kemungkinan ini dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan diatas.

Penyebab 2 :
Connector mouse renggang dapat menyebabkan bahwa tampilan dilayar mouse tidak jalan, jika mouse / connector digoyang, terkadang dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengganjal connector mouse tersebut dengan menggunakan kertas, jika ini dianggap sangat mendesak dan Anda tidak mempunyai dana untuk sementara, atau dapat mengganti connector mouse yang baru.

Penyebab 3 :
Kemungkinan juga terdapat pada kabel mouse tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal dekat mouse. Jika sudah begini mouse tidak akan jalan sama sekali.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengukur kabel data mouse tersebut dengan menggunakan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Jika tidak berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).

Penyebab 4:
Kerusakan driver mouse juga dapat menyebabkan mouse tidak jalan, terlebih jika dirver mouse tidak cocok. Walaupun terkadang bahwa driver yang lain dapat digunakan, tetapi jalannya kursor mouse tidak akan normal.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan menggunakan driver compatible untuk semua jenis mouse. Adapun langka2 yang dapat Anda lakukan untuk menginstall ulang driver mouse adalah sebagai berikut :
- Siapkan master windows yang digunakan (Win9x, win Me, Win 2000, Win XP, dan lain- lain), dan masukkan ke dalam CD rom.
- Tekan tombol Alt + S untuk memunculkan menu Start.
- Kemudian ambil pilihan setting, lalu tekan anak panah keyboard kea rah kanan untuk memunculkan sub menu yang lain.
- Ambil pilihan Control Panel, lalu tekan enter.
- Adapun pilihan Control panel Anda dapat memilih langsung pilihan mouse, lalu enter.
- Dari jendela mouse properties, tekan tombol Tabulasi (tab) beberapa kali untuk memindahkan pilihan pada menu general dengan bantuan tambahan menekan anak panah ke kanan.
- Dari menu general akan terlihat jenis driver yang digunakan. Jika driver yang terlihat adalah “*/ue”, berarti harddisk anda terinfeksi virus hingga mengakibatkan mouse tersebut rusak. Sebaiknya harddisk anda di install ulang. Jia dirver yang terlihat adalah “Standard serial mouse” atau “Standars PS/2 Port Mouse” berarti kerusakan terletak pada mouse anda dan bukan pada driver. Jika driver yang digunakan bukan dari yang kedua driver di atas, anda dapat melakukan perubahan dengan mengambil pilihan change, lalu Enter.
- Pada jendela select device mouse, tekan kembali tombol tabulasi untuk memindahkan pilihan anda ke show all devices, lalu tekan kembali tombol tabulasi, untuk memilih driver ”Standart types” yang berada di kiri layer dan pilih “Stadart serial mouse” (untuk mouse serial) atau “Standart Ps/2 port mouse” (untu mouse PS/2) yang berada di kanan layer, lalu tekan enter.
- Dari hasil konfirmasi yang menjadi pilihan Anda tekan kembali tombol Tabulasi untuk memilih pilihan OK, agar perubahan yang dapat dilakukan dapat disetujui.
- Terakhir pada jendela system setting Change, Enter (Yes) untuk merestart kembali computer anda sesudah perubahan yang baru dilakukan , tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat hingga windows diaktifkan kembali.

5.Fan
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletakpada ruang terbuka atau banyak debu. Karena debu ini akan tersedotoleh fan casing maupun fan periferal yang lain. Debu ini akan
menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan
tersebut
a.Fan pendingin mati Solusi:
• periksalah kabel power pada fan apakh telah terpasng dengan baik
• jika ada debu berikan lah dengan kuar atau penydot debu mini
• lepas fan dan beri pelumas pada poros fan
• jika semua langkah telah dilakukan tetapi juga tidak berarti fan nya telah rusak
b.Fan berisik
Fan berisik sangat mengaggu konsentrasi kita jika dalam bekerja. Solusi:
• matikan computer dan bukalah chasing cpu lalu hidupkan computer
• cek mungkin ada kabel yang menyakut pada fan
• cek pada baling2 fan apakh ada yang patah atau tidak

0 komentar: